Iceteamaniezt

Monday, February 8, 2010

Uneg² OP (baca : aku)


Berkecimpung dalam dunia, maya tepatnya semenjak sma. sampe sekarang masih sering ngenet. Dulu waktu abis lulus SMA sempat terlintas pikiran "Enaknya JadiOperator Warnet", waktu ngenet disalah satu warnet, yang dulu lumayan terkenal..
Ga, nyangka, aq jadi OP warnet juga. Banyak teman-teman kawan sepermainan, yang bertanya, dan sempat berfikir seperti aku " Enaknya Jadi Operator Warnet". mungkin sepertinya aq saat itu, dan teman-teman sekarang melihat dari sisi yang cukup menyenangkan bagi OP....

Alhamdulillah aq syukuri, kerja jadi OP warnet. mengingat teman-teman sepermainan yang berusaha mencari kerja sambilan kuliah, lumayan sulit, alhamdulillah aq bersyukur banget, aq bisa dapetin yakni jadi OP.

Sharing sedikit jeritan, unek-unek, curhat jeritan hati Operator Warnet. dari q dan dari yg aq terima dari berbagai kawan-kawan seprofesi. Ada yang, yang pengaturan shiftnya gak beraturan, sering lembur kayak kalong, ada juga yang sering bolong kantongnya. he he he...
* Jam terbang OP

Jam kerja warnet biasanya 8jam/perhari , 26-30hari/bulan). tergantung sikon warnetnya juga. Klo dihitung-hitung 208 jam/bulan sampai 240 jam/bulan, bayangin ajah.. mlototin komputer terus....he he he, syukur deh.. sampai saat ini, mataku tetep sehat. Alhamdulillah

* OP or OB ya???

banyak OP yang juga nyambi sebagai OB ( office boy ), termasuk diriku. kecuali warnet warnet besar, mereka menggunakan jasa kebersihan lain, dari luar.
Kebersihan warnet sangatlah penting, karena salah astu faktor, yang bikin tamu menjadi betah dan kerasan. bicara kebersihan warnet, paling benci banget ma user or tamu yang jorok banget, bayangin ajah, bilik warnet penuh dengan sampah, bungkus permen, jajan dll. yang paling keterlaluan, minuman sisa yang di plastik, titinggal begitu saja, pernah sampe tumpah, untung user berikutnya, yang kebetulan duduk di bilik yang sama, langsung menghubungiku. andai saja, ga tau.. air sisa minum, itu sampe mengenai komputer, bisa-bisa jadi konslet!! duuh, klo rusak.. OP yang tanggung... aduuh.
Pernah juga, ada user yang bawa adekny yg maci balita ke warnet q. Owalah mana ributnya mnt ampun, eh disitu ngompol jg anaknya..waduuh nasib…nasib…langsung deh ambil pel n q kasih pembersih lantai yang banyak ampe pesingnya ilang..

Jadi OB ato Cleaning Servis, bisa dijadikan Olahraga para OP selingan ketika boring, Nyapu-nyapu,Ngepel, sampai angkat-angkat Krat, bisa menjadi kebiasaan Olahraga yang baik, dan Menyehatkan!!
Karna Stamina OP harus tetep FIT!!, untuk tetep melayani user ato pelanggan.

* OP tu ternyata, banyak bakatnya looh!!
pekerjaan OP, juga menuntut kita bisa dalam memperbaiki, dan merawat peralatan komputer yang ada. selain itu OP juga dituntut bisa dan mengerti aplikasi,software yang mungkin dibutuhkan user, dan selain itu juga harus paham minimal mengerti, tentang situs-situs yang digandrungi, para user saat ini.
- Komputer warnet trobel, rusak, sapa lagi klo bukan OP.
- User suruh edit hasil browsing lewat Open Office, kagak bisa?? terus ketikanku hasil browsing yang ini ga ko bisa dibuka dirumah??? ( ga Bisa, jawab... Aduuh, bikin malu)
- User tanya, mbak cara bikin email gimana ya mbak?, terus facebook n twitter itu apa mbak? ( ga bisa, jawaaab lagi?? aduuh)
jadi OP, harus uptodate! kayak AntiVirus harus tetep Up todate, agar ga gaptek. banyak browsing bacasini sana, coba ini itu ( kadang-kadang aq males, juga Update Otak, Klo lagi Boring)

Tambah lagi OP, kdaang juga sebagai Ahli konsultan, disaat mengisi kejenuhan rata-rata hoby OP, adalah Chat, nah disinilah Posisi OP berubah menjadi seorang konsultan. he he he

Secara ga langsung profesi Op, juga menambah ilmu . dari Ilmu Komputer, Sosial budaya, Politik, sampe Agama dan menemukan bakat multitalent yang terpendam. he he he lebaaay!

* User or Tamu Adalah RAJA.

tamu adalah raja, harus dihormati ( bukan mengangkat tangan berihormad, tiap kali user masuk warnet looh!!) user harus dihormati dan dilayani dengan memberikan pelayanan yang baik. Klo usernya sopan, biasanya para OP pun segan. tapi ada beberapa user or tamu yang bikin BT!
Sebagai Op, wajib membantu user yang kesulitan. tapi, klo usernya menjadi Raja yang semena-mena, ya bikin sebel!!!
Apalagi, Klo badan gi capeek, Tugas banyak, kedatengan User yang super reeweel, dan baweel!! Aduuuuh Ampuuun, yaa Allah, paringi sabaaar....
- mbak, caranya Facebook gimana? mbak, ni saya buka Apa? mbak, Alamat email saya Ko ga bisa? mbak, saya Klik yang mana? terus yang ini gimana?? trrus?? terus??teruuuuss...
Dihujani, dengan pertanyaan dan pertanyaan, sampe ga sempet ngurus biling, dan yang lainya.. waduuh, udah gitu.. klo, ga bisa di caci-maki user,User : " aduuh mbak-e Ga bisaan seeh!!"
Udah gitu, bis dibantu ga ada muka-muka Smile, Terima kasih apalagi ,Jutek malah iya,

- mbak, Internetnya Lemoooot!!! gimana neeeh? ( ya elaaah emang dari ISP nya, baru drop)...ufff OP:" iya mbak, emang baru drooop, sabar ya mbak"
User or Tamu, adalah Raja!! jadi sebisa mungkin menahan.. ledakan Emosi. he he he he
Bagi User-user dan tamu, perlu di Ingat "Operator juga manusia".

Namun dari user dan tamu yang buat BT, dan super Nyebelin!! ada juga yang baek dan nyenegin hati. dan tidak sombong. Beberapa user yang sudah famillier dengan OP waktu ngenet sering bawa oleh-oleh.sewaktu Nge-Net.
Ada yang Baik hati, dan bahkan bisa jadi teman relasi...
mbak, Makasi ya..dibantuuin. OP: "ouhh iya mbak/mas sama sama namanya jg operator seneng kalau bisa bantu."
Buat yang udah baek, hati dengan OP, aku Ucapkan maturtenkiu, sanget...


* Prospek Warnet,

seperti yang diceritakan diatas, OP berfungsi sebagai Ujung Tombak warnet. sebagai fasilitator terpenting dalam warnet. rame tidaknya warnet juga bergantung pada Operatornya.

sumber : forumnya para OP :D

3 comments:

  1. Jado OP itu emang enak, bisa main gretongan sepuasnya, wkekkekekeke...

    ReplyDelete
  2. Teman saya juga OP warnet...
    Lumayan tuh, si dia bisa bayar duit kulnya sendiri...
    Bangga deh...

    ReplyDelete
  3. @Narzis Blog :
    wkakakka, betul bro!! dapet ilmu lagi..!!ini nih yg g ternilai harganya....

    @Dunia Hape :
    bangga banget banget deh pokoknya..apalagi klo dah bisa jd owner jg...whoaaaa...aaamiinn, sukses buat kamu n temen kamu ya!!

    ReplyDelete

eiitss..jangan lupa ninggalin comment kamu disini ya...
Makasihhhhhhh..dah berkunjung..