Iceteamaniezt

Tuesday, November 23, 2010

Transfer File dari HP Nokia 1680 Classic ???

Wow Nokia 1680 Classic, inilah dia hape ku tersayang yang kumiliki sekarang. Bukan hape qwerty ber OS. Symbian, Windows, Andoid ato Smartphone seperti Blackberry ato hape berlayar sentuh kayak iPhone.
Maklum, ga ada dana buat hape  supermahal kek gitu. #mengenaskan
Hape mungil dengan minim fitur ini, sudah kumiliki lebih dari setahun. Kenapa ku katakan minim, monggo cek spek nya disini
Haaa, cuma kamera VGA, bisa buat merekam walo dengan durasi max 1 menit, sms, mms, email yang terintegrasi langsung dengan ovimail tapi low konektivitas. Ga ada infrared apalagi gigi biru alias bluetooth. Kabel data pun tidak dalam satu paket penjualan. Koneksi data yang cuma mengandalkan GPRS. Huwaaaaa #mengenaskansekali.
Apalagi dengan memori internal yang super minim, cuma 10mb tanpa ada memori eksternal #verymengenaskan.
So, gimana nanti kalo mo save hasil foto or video or rekaman yang semakin banyak #maklumnarsis. Padahal memori kecil banget. Masak dihapus tiap udah mo full memori. Sayang kan...apalagi jika foto²nya ada kenangan yang sangat mendalam. #hikz.
Lha teruus, kalo mo transfer file² yang ada di Nokia 1680 Classic, gimana caranya?? Padahal ga ada infrared, blutut dan kabel data.
Tenaaang.. untuk orang ber-low budget seperti saya, ada cara mengakalinya #hehe

Kan masih ada fitur send email dengan koneksi GPRS yang disediakan provider. Jika ingin transfer foto, tinggal send via email ke alamat email kita di yahoo atau gmail. Karena mail server tersebut bisa berfungsi juga sebagai file hosting yang lebih privite. Jadi ga perlu khawatir foto² or file² tersebut akan tersebar.

Gimana sih caranya ?

*Ingat, cara ini hanya  bisa dilakukan jika akun email kita misalnya dari Ovi Mail sudah disetting di Nokia 1680 Classic dan GPRS sudah aktif. Untuk mensetting akun email silakan baca buku petunjuk manual, sedangkan mengaktifkan GPRS silakan minta petunjuk dari provider masing².


Okay, kita siap send email sekarang. 
1. Masuk Menu messaging
2. Create message, e-mail message
3. Ketik alamat email yang kita tuju, misalnya xxxxxxxxx@yahoo.com
4. Subject dan message boleh diisi, boleh tidak
5. Select Insert, misalnya kita akan mengirim foto, maka select image, pilih foto yang akan dikirim
6. Then, send 
7. Tunggu beberapa detik untuk proses pengiriman karena membutuhkan koneksi GPRS
8. Selesai...cek aja inbox email , trus save filenya di flash disk or hard disk

Eh, tapi kelemahannya transfer file via email ini adalah, size file akan mengecil sesuai batas pengiriman attachment file yang max 100kb. Selain itu, karena membutuhkan koneksi GPRS dari provider tentu saja membutuhkan biaya. Tapi biayanya ga semahal kalo kita mengirimkan file via MMS kok. Biaya yang dibutuhkan hanya seukuran file yang kita kirim. Jadi kalo tarifnya Rp 1/kb, maka jika mengirimkan file berukuran 50 kb maka tarifnya adalah Rp. 50,-. Murah kan. Untuk kebijakan tarif silakan lihat di masing² provider.

Walau dengan fitur seadanya, aku bersyukur bisa memiliki Nokia 1680 Classic. Apalagi ini adalah pemberian ayahanda tercinta, makin sayang deh dengan hp ini. Tapi seandainya, ada yang mo ngasih hape dengan fitur lebih canggih aku juga enggak nolak sama sekali. hehehhee....
Lagian sapa yang mau kasih hape ke saya?? #gubrak #nglindur

6 comments:

  1. keren.. ide-ide kreatif tuh datang dari keterbatasan,.. heheh

    eh..eh tau ga?? aq ya... ga bakalan ngasih kmu hape #yoyongacirpakepespa ehehehe

    ReplyDelete
  2. keren.... ide kreatif tuh.. datang dari keterbatasan.. dan keadaan yang sempit :D


    eh. tau g?? tau g?? aq yaahh... ga bakalan ngasih hape ke kamu.. wkwkw :ngakak: :yoyongacirpakepespa:

    ReplyDelete
  3. dopostt.... error ni blog.. :ngacirtakutdibatayangpunya:

    ReplyDelete
  4. @om dieka : huahaaahaha...bener ntu om, biar irit tapi kreatif :D, gpp om ga kasih hape, kasih cendol sebalok juga boleh
    btw, dopost is anugerah #kataomfrangky #hehe

    @ciwir : hmmmmm...yummmy *lhoo? :D

    ReplyDelete

eiitss..jangan lupa ninggalin comment kamu disini ya...
Makasihhhhhhh..dah berkunjung..