Iceteamaniezt

Tuesday, March 30, 2010

April Mop = Hari dimana Umat Islam Dibantai

Ya Allah...
Maret akan segera usai.Bulan April  menjelang. Ada suatu kebiasaan jahiliah yg patut kita waspadai bersama sbg seorang Muslim; 1 April sbg hari April Mop. April Mop sendiri adalah hari dimana orang" diperbolehkan menipu dan berbohong kpd org lain.

Tapi tahukah Anda apakah April Mop itu sebenarnya ? Sejarah April Mop sebenarnya,April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yg dilakukan lewat cara" penipuan. Sebab itulah,mereka merayakan April Mop dgn cara melegalkan penipuan & kebohongan walau dibungkus dgn dalih sekadar hiburan/keisengan belaka.

Biasanya org akan menjawab bahwa April Mop—yg hanya berlaku pd tgl 1 April— adalah hari dimana kita
boleh & sah-sah saja menipu teman, orangtua,saudara dsb & sang target tidak boleh marah /emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target,jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa/ minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan. Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru/ Valentine's Day,budaya April Mop dalam 2 dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yg makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula,ke depan jg akan meluas ke masyarakat yg tinggal di pedesaan. Ironisnya,masyarakat dgn mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu,apakah budaya itu baik/tidak,bermanfaat/sebaliknya. Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yg sangat
menyedihkan & memilukan?

April Mop,atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dgn 892 H. Sejak dibebaskan Islam pd abad ke-8 M oleh Panglima Thariq binZiyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yg makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol,namun terus melakukan pembebasan di negeri- negeri sekitar menuju Perancis.
Perancis Selatan dgn mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes,Bordeaux,Lyon,Poitou, Tours & sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat,pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth& Navaro di daerah sebelah barat yg berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.
Krn sikap para penguasa Islam yang begitu baik & rendah hati, banyak orang" Spanyol yg kemudian dgn tulus & ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur'an,namun bertingkah-laku berdasarkan Al- Qur'an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik,bir,pergaulan bebas & segala hal yg dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir 6 abad lamanya. Selama itu pula kaum kafir yg masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal.

Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol. Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam,yakni dgn pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran & budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol & rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi & menari daripada membaca Al Qur'an. Mereka jg mengirimkan sejumlah ulama palsu utk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil. Akhirnya Spanyol jatuh & bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar" dilakukan dgn kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yg dibantai,tetapi jg penduduk sipil,wanita,anak-anak kecil,orang" tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh. Granada adalah daerah terakhir ya ditaklukkan. Penduduk- penduduk Islam di Spanyol (jg disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah utk menyelamatkan diri. Tentara- tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi,tinggal menyisakan ribuan mayat yg bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yg masih bersembunyi di rumah-rumah. 

Dgn lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman,bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman & diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang" keperluan mereka. Orang-orang Islam masih curiga dgn tawaran ini. Namun beberapa dari org Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal" penumpang yg sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar" melihat ada kapal yg sudah disediakan, mereka pun segera bersiap utk meninggalkan Granada & berlayar meninggalkan Spanyol. Keesokan harinya,ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah" mereka dgn membawa seluruh barang" keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. 

Beberapa orang Islam yg tidak mempercayai pasukan salib,memilih bertahan & terus bersembunyi di rumah" mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dgn cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yg telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah" tsb bersama dgn orang" Islam yg masih bertahan di dalamnya. Sedang ribuan umat Islam yg tertahan di pelabuhan,hanya bisa terpana ketika tentara salib jg membakari kapal-kapal yg dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal- kapal itu dgn cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa
berbuat apa-apa krn sama sekali tidak bersenjata. Mereka jg kebanyakan terdiri dari para perempuan dgn anak-anaknya yang masih kecil". Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dgn pedang terhunus. Dgn satu teriakan dari pemimpinnya,ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis & takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yg biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman. Tragedi ini bertepatan dgn tgl 1 April. Inilah yg kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sbg April Mop (The April's Fool Day). Pd tgl 1 April, orang" diperbolehkan menipu & berbohong kpd org lain. Bagi umat kristiani,April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara" penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dgn cara melegalkan penipuan & kebohongan walau dibungkus dgn dalih sekedar hiburan/keisengan belaka. Bagi umat Islam,April Mop tentu merupakan tragedi yg sangat menyedihkan. Hari dimana ribuan saudara-saudaranya se-iman disembelih & dibantai oleh tentara salib di Granada,Spanyol. Sebab itu,adalah sangat tidak pantas jg ada orang Islam yg ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yg turut merayakan April Mop,maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di
Granada,Spanyol,5 abad silam. Jadi,perhatikan sekeliling Anda, anak Anda atau Anda sendiri, mungkin terkena bungkus jahil April Mop tanpa kita sadari

bukankah Islam juga melarang untuk berbohong, jadi jujurlah walo itu pahit rasanya
sumber  : Era Muslim

3 comments:

  1. oia, aq cuma sekedar sharing, aja..tidak bermaksud untuk menyudutkan siapapun...
    tolong tanggapilah dengan bijak...

    *no offens

    bagaimanapun juga makasih yg telah berkunjung

    ReplyDelete
  2. belum baca nie,, langsung komen aja ya??
    tapi juga bingung mau komen apaan, hkakaka..

    salam komunikasi..

    ReplyDelete
  3. gimana g bingung, wong g baca wuuuuu... :p

    but, thx 4 your visit...

    ReplyDelete

eiitss..jangan lupa ninggalin comment kamu disini ya...
Makasihhhhhhh..dah berkunjung..